Pelayanan Kekonsuleran dan Keimigrasian bagi Warga Negara Indonesia

Salam pelajar dan masyarakat Indonesia yang ada di Canberra,

Sebagai informasi jika anda baru datang di Canberra baik untuk tujuan belajar, kerja, berwisata, atau untuk tujuan lainnya, KBRI memberikan pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian bagi WNI. Beberapa pelayanan penting yang disedikan KBRI adalah:

Lapor Diri dan Perubahan Alamat

Sesuai UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan:

Setiap WNI yang berada di luar negeri baik dalam rangka kunjungan sementara atau menetap di luar negeri wajib melaporkan diri kepada perwakilan RI terdekat. Sesuai pasal 89 UU No. 23 tahun 2006, sanksi bagi WNI tidak melaporkan diri adalah denda administratif maksimal Rp. 1.000.000,00 (satu juta rupiah)

Perwakilan RI di luar negeri wajib melakukan registrasi bagi WNI yang berada di luar negeri antara lain melalui lapor diri WNI, sehingga melalui pendataan WNI yang akurat, perwakilan dapat segera merespon dan memberikan bantuan serta perlindungan kekonsuleran yang dibutuhkan oleh WNI, khususnya saat keadaan darurat.

Perwakilan RI secara hukum wajib untuk menjaga dan melindungi kerahasiaan data pribadi WNI sesuai pasal 1 ayat 22 UU no. 23 tahun 2006 yang menyatakan bahwa data pribadi adalah data seseorang tertentu yang disimpan, dirawat dan dijaga kebenarannya serta dilindungi kerahasiaannya.

Persyaratan yang harus dipenuhi ketika melapor, adalah:

  • Membawa paspor asli dan visa yang valid
  • Mengisi formulir lapor diri atau formulir perubahan alamat
  • Menyerahkan foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 1 (satu) lembar

Layanan lapor diri dan perubahan alamat ini tidak dikenakan biaya. Jadi jangan sungkan, lakukan segera! :). Untuk mendapatkan layanan ini anda dapat datang langsung ke KBRI atau melalui pengisian form online yang disediakan di website KBRI.

Pembuatan Paspor RI
Kewarganegaraan Ganda Terbatas
Surat Keterangan Terjemahan Surat Izin Mengemudi (SIM) Indonesia
Surat Keterangan Membawa Barang Pindahan (via Cargo)
Legalisasi Dokumen RI dan Dokumen Australia

Surat Keterangan Kelahiran, Kematian, Perkawinan, Perceraian, dan Akta Catatan Sipil Lainnya

Penambahan/Perubahan Nama

Perpanjangan Paspor Dinas dan Paspor Diplomatik RI

Surat Keterangan Exit Permit

 

 

Informasi lengkap bisa anda akses di pelayanan kekonsuleran KBRI di website kemlu.go.id/canberra. Dan sebagai rangkuman, anda dapat mengunduh pamflet kekonsuleran di halaman ini.

Advertisements