Mencari Kerja

Selamat Datang Sahabat Pelajar PPIA ACT!

Selamat datang di ibu kota Australia, Canberra!

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia cabang Australian Capital Territory (PPIA ACT) menyambut sahabat-sahabat sekalian dengan penuh suka cita sebagai bagian dari keluarga besar PPIA ACT.

Dengan terjalinnya tali silaturahmi antar sahabat pelajar, Kami berharap hal ini dapat memperkuat tali Silahturahim antar sesama masyarakat Indonesia di Australia, khususnya di Canberra untuk kontribusi yang lebih besar kedepannya bagi komunitas kita dan bangsa Indonesia setelah kita kembali kelak.

Pada kesempatan kali ini izinkan kami dari PPIA ACT memberikan beberapa tips terkait mencari pekerjaan baik part-time/casual bagi para anggota keluarga yang ikut bersama pelajar ke Canberra atau bahkan bagi pelajar di Canberra itu sendiri.

Sebagai salah satu negara dengan biaya hidup tertinggi di dunia, mencari pekerjaan untuk menyambung hidup sembari studi di Audtralia adalah hal jamak dilakukan. Terutama bagi mereka yang datang dengan Istri atau Suaminya (Dependant). Para dependant kerap mencari pekerjaan untuk menopang ekonomi sembari anggota keluarga yang lain fokus pada studi.

Beberapa tips yang bisa Sahabat-sahabat PPIA ACT lakukan untuk mendapatkan pekerjaan sampingan di Australia terutama Canberra adalah sebagai berikut :

 

  1. Kenali Jenis Visa Anda Terlebih Dahulu

Sejak 1 Juli 2016, Pihak Imigrasi Australia telah menyederhanakan visa pelajar kedalam satu jenis yaitu Subclass 500. Dengan visa jenis ini, Anda dapat bekerja sembari studi di Australia dengan maksimal kerja 40 Jam per fortnight. Fortnight adalah per 2 minggu. Contoh kasus perhitungan fortnight adalah sebagai berikut :

Minggu 1 : 15 Jam Kerja

Minggu 2 : 25 Jam Kerja

Minggu 3 : 25 Jam Kerja

Minggu 4 : 15 Jam Kerja

Pada minggu 1 dan 2, total jam kerja 40 jam, ini tidak melanggar aturan. Begitu juga dengan minggu 3 dan ke 4, tidak lebih dari 40 Jam, Namun minggu ke 2 dan ke 3, totalnya sudah melebihi 40 jam, ini adalah pelanggaran yang dapat berujung pada pencabutan visa pelajar sahabat semua. Kondisi ini berlaku hanya pada masa studi. Untuk masa libur kuliah setelah semester berakhir contohnya, tidak ada batasan jam kerja untuk pemegang visa pelajar.

Bagi anggota keluarga (dependant) yang ikut ke Australia dengan visa Subclass 114, tidak ada batasan jam kerja di waktu apapun.

 

  1. Segera Buat TFN

Apa itu TFN? TFN adalah singkatan dari Tax File Number atau di Indonesia mirip dengan NPWP. Rata-rata pemberi pekerjaan di Canberra, mewajibkan aplikan untuk memiliki TFN. Pembuatan TFN sendiri sangat mudah, cepat dan GRATIS di sini. Cukup apply melalui https://www.ato.gov.au/Individuals/Tax-file-number/. Kurang lebih seminggu setelah mendaftar, surat berisi nomor TFN akan dikirim ke alamat sahabat di Australia. Disarankan saat apply TFN, sahabat telah memiliki long-term accomodation karena alamat itu yang akan sahabat daftarkan kelak untuk TFN.

Beberapa pekerjaan juga mungkin meminta sahabat memiliki Police Check, sejenis surat kelakuan baik dari kepolisian bila di Indonesia. Anda bisa apply online melalui https://afpnationalpolicechecks.converga.com.au/ . Untuk yang satu ini kebetulan tidak gratis. Biaya yang dikenakan sekitar AUD 40 – AUD 42 untuk yang standar (langsung melalui web AFP). Hasil biasanya keluar dalam waktu 5 hari sampai dua minggu.

 

  1. Sumber Informasi Kerja

Banyak cara untuk mencari lowongan kerja part-time dan casual di Canberra, baik online maupun offline. Untuk online ada beberapa situs yang bisa sahabat coba.

 

Khusus bagi pelajar di Australian National University. Menyediakan segala info pekerjaan dari casual hingga full-time. Di dalam dan di luar kampus ANU.

Khusus bagi pelajar di University of Canberra. Menyediakan segala info pekerjaan dari casual hingga full-time. Di dalam dan di luar kampus UC.

Menyediakan segala informasi pekerjaan untuk umum.

Menyediakan segala informasi pekerjaan untuk umum.

 

Umumnya lowongan pekerjaan yang diiklankan secara online cukup memasukan document dan resume secara online atau drop-in di lokasi pekerjaan.

Untuk mencari pekerjaan secara offline, bisa dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat perbelanjaan di Canberra. Sebagai kota yang tidak terlalu besar, Canberra cukup mudah dijangkau dengan bus atau mobil pribadi (jika ada).

Di dekat ANU, ada pusat perbelanjaan Canberra City Center dengan ratusan toko-toko di sana yang terkadang menempelkan poster lowongan pekerjaan di pintu depan tokonya. Atau di Westfield Belconnen untuk yang berkuliah di University of Canberra.

Untuk offline, umumnya mereka meminta sahabat memasukan resume secara drop-in di tokonya melalui pegawai atau manager toko tersebut.

 

 

 Kontributor: Woka Aditama, Nurhadi Hamka

 

Advertisements