Transportasi

Dengan jumlah penduduk yang sedikit, ketersediaan angkutan umum di Canberra jumlahnya tidaklah sebanyak di kota besar, seperti Sydney atau Melbourne. Moda transportasi masal yang tersedia untuk seputar Canberra hanyalah angkutan bis. Canberra pun hanya memiliki satu stasiun kereta, yang digunakan untuk tujuan ke luar kota.

  1. Penerbangan dan Bandara Udara di Canberra

Hanya ada satu bandara udara di Canberra, yaitu Canberra Airport. Tidak ada penerbangan internasional yang langsung ke/dari Canberra. Yang ada hanya penerbangan lokal ke/dari kota Sydney, Melbourne, Brisbane, dan Adelaide. Untuk mengecek jadwal penerbangan dan informasi lainnya tentang Canberra Airport bisa dilihat pada link berikut, http://www.canberraairport.com.au.

Pemeriksaan imigrasi dan barang bawaan untuk penerbangan dari Indonesia ke Canberra biasanya dilakukan di Sydney atau Melbourne Airport. Dalam pemeriksaan barang bawaan ini, Australia terkenal sangat ketat dalam menyeleksi makanan yang bisa dibawa masuk ke Australia. Makanan jadi yang tidak tersegel pabrik, seperti rendang, dan makanan yang terbuat dari daging sapi walaupun masih terbungkus dari pabrik, seperti abon, dilarang dibawa masuk ke Australia. Penting juga diingat adalah jangan sampai lupa men-declare barang bawaan karena denda (fine) yang bisa dikenakan lumayan besar. Untuk informasi lengkap mengenai barang apa saja yang tidak bisa dibawa ke Australia dapat dilihat pada link berikut, http://www.australia.gov.au/information-and-services/passports-and-travel/customs-and-quarantine

Untuk transportasi antara Canberra Airport dan City centre, selain menggunakan taksi dengan membayar sekitar AUD 20-an, bisa juga menggunakan The Airport Express shuttle bus yang tersedia setiap setengah jam pada peak hours dengan waktu tempuh kurang dari setengah jam dengan tarif AUD 10 untuk sekali jalan. Untuk jadwalnya bisa dilihat di link berikut, http://www.canberraairport.com.au/travellers/parking-transport/buses-and-coaches-2/

  1. Seputaran Canberra

Hanya ada satu operator bus umum yang melayani daerah seputar Canberra, yaitu ACTION Bus. Berwarna hijau-putih untuk armada yang baru dan berwarna jingga untuk armada yang lama. Penting untuk diingat bahwa rute untuk hari kerja (weekdays) berbeda dengan rute untuk hari Sabtu dan Minggu (weekend). Peta rute regular bis ACTION untuk weekday bisa di unduh di link berikut.

Peta rute bis ACTION untuk weekend bisa di unduh pada link berikut.

Peta lainnya bisa dilihat di web transport ACT.

Di daerah pemukiman pada jam biasa di hari kerja (off peak) biasanya frekuensi bis adalah setiap 30 menit. Namun di hari Sabtu atau Minggu, frekuensinya menjadi 1 jam sekali. Bahkan untuk hari Minggu, banyak rute bis yang berakhir pada pukul 7.30 pm. Penting juga diperhatikan bahwa ketersediaan bis untuk hari Minggu pun bisa berbeda dan lebih sedikit dari jadwal waktu bis untuk hari Sabtu.

Walaupun pada timetable biasanya hanya ditunjukkan waktu ketersediaan bis di beberapa tempat pemberhentian dalam suatu rute, bus stop untuk tempat naik dan turun bis tersebut biasanya hanya berjarak kira-kira 100 meter satu sama lain. Jika ingin turun, kita cukup menekan tombol lalu lampu tanda stop di dalam bis menyala, dan bis pun akan berhenti di bus stop terdekat. Untuk Informasi mengenai jadwal dan rute ACTION bus bisa dilihat pada link berikut.

Tiket bisa dibeli secara cash dari sopir saat kita masuk ke bis. Jangan lupa untuk membawa Student ID sehingga bisa membeli tiket dengan harga student (concession). Tetapi cara yang paling mudah sekaligus lebih murah dalam membayar adalah dengan menggunakan kartu isi ulang bernama MyWay. Dengan menggunakan kartu ini, kita cukup menempelkannya ke mesin scanner yang ada di dalam bis (tag on) ketika naik dan menempelkannya lagi (tag off) ketika akan turun dari bis. Bahkan apabila kita mengaktifkan sistem pengisian otomatis dari rekening bank kita (autoload) maka kita akan mendapat tambahan diskon 5%. Untuk informasi perhitungan biaya perjalanan dengan ACTION bus, termasuk perbandingan dengan menggunakan kartu MyWay, bisa dilihat pada link berikut.

Tips: Jadwal dan rute bis dapat dilihat dengan melalui Google Maps, namun harap diingat bahwa nama bus stop yang tercantum di Google Maps tidak selalu sama dengan nama bus stop yang ditampilkan di layar dalam bis. Gunakan aplikasi My Bus 2.0 untuk mencari jadwal dan bus stop spesifik di Canberra.

Pilihan transportasi lainnya adalah Taksi; terdapat beberapa perusahaan taksi di Canberra sebagai berikut:

  • Elite Taxi

Phone:  132227; Website: http://www.canberracabs.com.au/

  • Cab Express

Phone: 62606011; Website: http://www.cabxpress.com.au/web/frontend

  • Silver Taxi (Taksi jenis premium)

Phone: 133100

Sebagai gambaran, besarnya tarif taksi di Canberra, untuk jarak 8 km, yang kira-kira ditempuh dalam 13 menit, biayanya adalah sekitar AUD 21-23. Secara umum, tarif taksi di Canberra bisa dilihat di link berikut, http://www.taxifare.com.au/rates/australia/canberra/.

Tips: Usahakan untuk tidak menghentikan taksi di tempat pemberhentian bis.

  1. Jalur Canberra – Queanbeyan.

Untuk jalur yang menghubungkan daerah Queanbeyan (NSW) dengan Canberra, dilayani oleh operator bis Deanes Bus Lines (DBL). Biasanya bis ini berwarna putih dengan garis merah dan biru. Beberapa kebijakan pada operator bis ini berbeda dengan ACTION bus karena telah berada dan mengikuti peraturan yang ada pada negara bagian lain (NSW). Informasi lengkap mengenai DBL bisa dilihat pada link website-nya sebagai berikut,http://www.deanesbuslines.com.au/queanbeyan/index.html

  1. Angkutan Antar Kota (Canberra – Sydney, Canberra – Melbourne)

Untuk angkutan umum darat yang menghubungkan Canberra dengan kota Sydney atau Melbourne terdapat pilihan bis (coaches) atau kereta (train). Frekuensi bis jauh lebih banyak daripada kereta. Untuk jalur bis Canberra – Sydney terdapat bis Murray (www.murrays.com.au/) dan Greyhound (www.greyhound.com.au/). Sedangkan untuk jalur bis Canberra – Melbourne hanya dilayani oleh Greyhound. Untuk kereta, di Canberra hanya ada CountryLink (http://www.countrylink.info/) dan ACT Light Rail di tahun 2018.

Tips: Terdapat beberapa aplikasi smartphone yang menawarkan kupon diskon bis secara berkala.

  1. Uber

Salah satu alternative moda transportasi yang cukup praktis adalah dengan menggunakan aplikasi Uber, terlebih jika membutuhkan kendaraan saat hari sudah larut malam. Sama seperti Uber di Indonesia, tarif Uber di Canberra bergatung kepada jarak tempuh serta ketersediaan kendaraan Uber.

  1. Kendaraan pribadi Mobil dan Motor

Untuk fleksibilitas lebih, bisa mencoba mencari kendaraan pribadi. Untuk mengendarai kendaraan bermotor di Australia, kita bisa menggunakan SIM Indonesia. Hal ini adalah pengecualian bagi student dan spouse-nya (suami/istri). Namun sebelumnya SIM tersebut harus di-translate ke Bahasa Inggris di KBRI. Biaya sekitar $35 dan dapat dibayar melalui bank draft di pos australia.

Untuk mempunyai mobil di Canberra harganya sangat terjangkau, apabila di bandingkan dengan Indonesia, harga mobil bekas di Canberra setara dengan harga motor di Indonesia. Sebagai ilustrasi, harga mobil sedan keluaran tahun 90an di Canberra berkisar A$ 500 s.d. A$1000 tergantung kondisi. Untuk budget A$ 1000 s.d. A$2000 kita pasti mendapat mobil akhir tahun 90an atau awal 2000an dengan kondisi yang bagus. Namun, harga motor di Canberra sangat mahal, kontras dengan di Indonesia. Disini harga motor bisa sama bahkan bisa lebih mahal dibandingkan mobil bekas.

Walaupun kita masih bisa mendapatkan motor jenis skuter matik, motor bebek yang banyak terdapat di Indonesia jarang dijual di Australia. Harga helm yang sesuai dengan peraturan di Australia pun harganya lumayan mahal. Informasi mobil atau motor bekas bisa didapatkan melalui :

–      Bengkel langganan mahasiswa, John di Lyneham (appointment call 0416030439).

Transfer kepemilikan dan pembayaran pajak kendaraan (registration)

Hal penting setelah membeli kendaraan di Canberra adalah paling lama 2 minggu sejak kita membeli kendaraan, kepemilikan kendaraan harus ditansfer atas nama kita (balik nama). Ini dilakukan di kantor motor registry di Dickson, ACT atau di kantor-kantor cabang Canberra Connect. Syarat balik nama yang paling penting adalah kendaraan tersebut harus lulus inspeksi (laik jalan). Untuk itu dalam membeli kendaraan sebaiknya yang dilengkapi surat laik jalan (road worthy certificate). Pembayaran pajak kendaraan dapat dilakukan dalam waktu 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Apabila membayar pajak sekaligus 12 bulan akan mendapat potongan / diskon. Informasi lengkap mengenai mengendarai mobil di ACT silahkan buka website ini:  http://www.rego.act.gov.au/

  1.  Sepeda, Scooter, Skateboard dan Jalan Kaki

Lingkungan kota Canberra sangat memungkinkan untuk menikmati perjalanan dengan menggunakan sepeda; lalu lintas yang relative sepi, ketersiadaan jalur sepeda (serta area parkiran sepeda) di sebagian besar jalanan Canberra membuat perjalanan menggunakan sepeda relative aman. Skateboard dan sepeda dapat digunakan di area umum kecuali area-area tertentu dengan tanda larangan.

Ada beberapa jenis sepeda yang bisa dicari: road bike, commuter, hybrid, maupun mountain bike. Untuk yang tinggal di daerah city, lebih disarankan menggunakan road bike atau commuter. Untuk yang tinggal didaerah berbukit/tinggal on-campus kampus bisa menggunakan roadbike atau mountain bike.

Ketika bersepeda, carilah jalur khusus sepeda. Selain di pinggir jalan utama juga terkadang ada jalan kecil untuk pesepeda yang memang dibuat sedikit menjauhi jalan utama dan melintasi taman-taman.

Untuk parkir biasanya disediakan area untuk parkiran sepeda. Kadang sepeda baik baru maupun bekas, tidak dibekali dengan standar. Untuk parkir, sepeda hanya perlu ditaruh menyamping tiang penampang. Selalu sedia bike lock,  bisa menggunakan  kabel atau berbentuk U-lock. Ingatlah selalu untuk mengunci sepeda. Sepeda di Canberra termasuk tinggi harga jualnya karena itu banyak diincar sebagai target pencurian.

Sepeda baru atau bekas dan aksesorisnya bisa didapatkan di :

  • Toko sepeda : ANU Union Court dan Civic dekat Canberra Centre (onyabike)
  • ANU recyclery (dekat crawford)
  • Sunday market : Jamison Belconnen atau Woden
  • Iklan di http://www.allclassifieds.com.au/
  • Iklan ANU classified
  • Facebook: Bursa Update

 

Kontributor: Garnadipa Gilang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s